WASPADA! Suhu Panas di Jambi Capai 33 Derajat, Cuaca Ekstrim Pada Sore hingga Dinihari

suhu panas yang mulai naik ke suhu 33

Beberapa pekan terkahir masyarakat Jambi merasakan suhu gelombang panas yang tidak biasa. Terkait hal ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jambi menjelaskan, bahwa suhu panas di wilayah Jambi sejak dua pekan terakhir memang mencapai 33 derajat celcius. Hal itu disampaikan Kepala BMKG Jambi, Ibnu Sulistyono.

Dijelaskannya, bahwa perkembangan gelombang panas yang terjadi semenjak pekan lalu hingga hari ini (kemarin, red) di gelombang panas india. Untuk suhu panas April di wilayah asia sebut dia, secara klimatologis di pengaruhi gerak semu matahari.

“Yang jelas suhu panas di Indonesia bukan gelombang panas di indonesia, dan suhu maksimum harian sudah mulai turun,” kata Ibnu.

“Khusus di Jambi, tercatat pada siang jelang sore hari, suhu panas mencapai 33 derajat celcius,” tambahnya.
Secara karakteristik fenomena suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia kata Ibnu, merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang merupakan siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun dan terjadi pada gelombang panas hari ini.

“Sehingga potensi suhu udara panas seperti ini dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya,” imbunya.
Lebih lanjut Ibnu menjelaskan, prospek cuaca seminggu kedepan di Provinsi Jambi (periode 25 April hingga 1 Mei 2023), pada skala global, indeks-indeks global tidak menunjukkan nilai yang signifikan untuk memengaruhi curah hujan di wilayah Indonesia.

“MJO aktif pada kuadran 1 (Westem Hemisphere and Africa), menunjukkan kondisi yang tidak signifikan terutama untuk Indonesia Indeks Surge diprakirakan menurun dan kurang signifikan dalam sepekan kedepan,” katanya.
Aktivitas gelombang atmosfer rossby ekuator diprakirakan aktif di sumatera bagian tengah dan selatan. Sedangkan gelombang kelvin diprakirakan masih akan aktif di wilayah Sumatera, Kalimantan Utara, Sulawesi bagian utara, Maluku Utara sepekan ke depan.

“Daerah konvergensi terpantau memanjang di Sumatera Barat, dari Sumatera Selatan hingga Bengkulu, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Barat. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Provinsi Jambi,” jelasnya.

Untuk itu, sepekan kedepan kondisi cuaca di wilayah Provinsi Jambi umumnya berawan pada pagi dan siang hari serta berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada siang, sore, malam, dan dini hari.
“Perlu diwaspadai potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di seluruh wilayah di Provinsi Jambi pada sore, malam, dan dini hari,” ungkapnya.

Baca Juga : Cuaca Denpasar Dan Kota-Kota Di Bali

Kata Ibu, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti angin kencang, puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan lainnya.

“Dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, jalan licin dan berkurangnya jarak pandang,” pungkasnya.

Ia menjelaskan, perkembangan gelombang panas yang terjadi semenjak pekan lalu hingga hari ini (kemarin, red) di sebagian besar negara Asia Selatan.

Untuk suhu panas April di wilayah Asia, secara klimatologis di pengaruhi gerak semu matahari.

Ibnu menjelaskan, secara karakteristik fenomena suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang merupakan siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun.
“Sehingga potensi suhu udara panas seperti ini dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya,” imbunya.

Lanjutnya, prospek cuaca seminggu kedepan di Provinsi Jambi berita gelombang panas (periode 25 April hingga 1 Mei 2023), pada skala global, indeks-indeks global tidak menunjukkan nilai yang signifikan untuk memengaruhi curah hujan di wilayah Indonesia.

“MJO aktif pada kuadran 1 (Westem Hemisphere and Africa), menunjukkan kondisi yang tidak signifikan terutama untuk Indonesia Indeks Surge diprakirakan menurun dan kurang signifikan dalam sepekan kedepan,” katanya.