Viral di Indonesia, Ternyata Begini Sejarah Lato-lato

permainan lato lato

Lato-lato jadi permainan yang tengah viral di Indonesia saat ini. Permainan tradisional ini banyak dimainkan oleh seluruh permainan lato lato berasal dari kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa, apalagi sampai Presiden Joko Widodo yang termasuk menjajal mainan Lato

Lato yang kini tengah viral

Asal usul lato-lato

Lato-lato ini terlalu ikonik sejak era 1990an, khususnya bagi penduduk yang tinggal di kawasan pedesaan. Sejak Desember 2022 permainan ini lagi viral. Fenomena Lato-Lato mencukupi berbagai laman perminan lato lato adalah fasilitas sosial saat ini. Peran fasilitas sosial memicu Lato-Lato kini dikenal luas oleh berbagai macam kalangan.

Meskipun banyak ditemukan di Indonesia sejak zaman dahulu. Namun, ternyata permainan ini nampak pertama kali permainan lato lato berasal dari daerah terhadap 1960-an selanjutnya mulai tenar tahun 1970-an di Amerika. Di Amerika sendiri lato-lato disebut dengan nama clankers.

Material Lato-lato dari kaca

Pada awal kemunculannya, material lato-lato gunakan kaca dan langkah memainkannya yang diakui terlalu berbahaya. Tak jarang pengguna permainan ini membanting clackers dengan keras sampai pecahannnya permainan lato lato berasal dari negera memicu bertebaran dan tentang tubuh seseorang.

Permainan yang satu ini nyatanya tidak bertahana lama akibat memakan korban jiwa. Kemudian terhadap tahun 1970-an di Amerika Serikat, permainan ini sempat dilarang oleh penjabat setempat.

Berasal dari Bahasa Bugis

Asal kata latto-latto merupakan sebutan permainan permainan lato lato jaman dulu tradisional yang berasal dari bhs Bugis. Di tempat Makassar sendiri disebut dengan katto-katto dan, saat di Pulau Jawa disebut dengan etek-etek.

Manfaat Bermain lato-lato

Lato-lato bisa mengalihkan dan mengurangi efek kecanduan gawai yang saat ini banyak dialami oleh anak-anak.

Permainan lato-lato bisa menstimulus kapabilitas motorik anak, menaikkan faedah koordinasi antara kapabilitas kognitif dan motorik.

Fungsi koordinasi antara kognitif dan motorik halus di tangan anak, berlangsung ketika anak mengupayakan memainkan lato-lato sampai mengundang bunyi etek-etek,” kata Retno didalam keterangannya diterima MNC Portal, Rabu

  • Melatih anak untuk fokus dan konsentrasi.
  • Melatih anak memelihara keseimbangan .

Berpotensi membangkitkan sikap kompetitif atau mendorong anak untuk raih obyek untuk berjuang sampai bisa memenangkan moment itu.

Permainan Lato-lato termasuk bisa jadi healing secara sederhana. Karena permainan ini bisa memicu anak-anak yang memainkannya tertawa, merasakan senang, dengan harga tidak mahal dan terjangkau.

Tengah Viral Di Masyarakat

Mainan Lato-lato – Bila tersedia satu mainan hits dan viral saat ini, bisa jadi bakal tertuju pada lato-lato. Permainan satu ini tengah naik daun, sejalan lonjakan popularitas di tempat sosial.

Hampir di setiap daerah publik, layaknya taman, jalanan, permukiman, sampai jembatan penyeberangan orang, lato-lato dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Bunyi bola lato-lato yang saling berbenturan kian kerap terdengar.

Nah, pernahkah berpikir berasal dari manakah lato-lato berasal dan apa makna nama lato-lato? Tak mesti bingung, Traveloka bakal sajikan segala fakta tentang lato-lato, layaknya dirangkum berasal dari bermacam sumber tepercaya. Berikut ulasan lengkap 5 fakta lato-lato!

  1. Permainan tradisional legendaris

Meski baru terkenal lagi akhir-akhir ini, mainan lato-lato memang udah eksis sejak dahulu. Lato-lato termasuk permainan tradisional yang udah tersedia di Indonesia sejak jaman 1990-an silam. Mainan itu biasanya dimainkan oleh anak-anak di kawasan pedesaan.

  1. Berasal berasal dari bahasa daerah

Nama lato-lato ternyata bukan berasal berasal dari bahasa asing. Kata lato-lato dikira terserap berasal dari bahasa Bugis ‘kajao-kajao’, artinya nenek-nenek.

  1. Bukan permainan asli Indonesia

Walau lato-lato kerap dimainkan di Indonesia, mainan tersebut sejatinya bukanlah permainan asli Indonesia. Lato-lato diperkirakan berasal berasal dari Eropa dan Amerika Serikat. Mainan tersebut terlihat pada akhir 1960-an dan popularitasnya kian menanjak pada awal 1970-an.

  1. Nama sebutan berbeda antarnegara

Lato-lato punyai nama sebutan berbeda-beda di tiap belahan dunia. Di Amerika Serikat, lato-lato kerap disebut sebagai Newton’s yo yo maupun clackers ball. Adapun di Eropa, julukan lato-lato pun berbeda lagi. Di Eropa, penduduk kerap menyebut lato-lato sebagai click-clacks, knockers, clackers, clankers, atau ker-bangers.

  1. Cara mainnya simpel

Cara bermain lato-lato amatlah enteng dan sederhana. Semua orang, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa, bisa memainkan lato-lato bersama dengan praktis. Kita cukup menggoyangkan lato-lato sehingga dua bolanya saling terbentur dan mengeluarkan bunyi. Kunci di dalam memainkan lato-lato adalah fokus dan tetap merawat keseimbangan bolanya.

Nah, itulah 5 fakta menarik seputar lato-lato, mainan hits nan viral saat ini. Jadi, udah pernah belum nih coba bermain lato-lato? Bila belum, tak tersedia salahnya coba bermain mainan praktis satu ini.

Cara bermain lato-lato yang simpel, memicu Anda bisa memainkannya saat isi waktu. Termasuk, dikala menanti jadwal perjalanan di bandara, stasiun, maupun terminal. Setelah pesan tiket perjalanan di Traveloka, baik tiket pesawat, tiket bus dan shuttle, maupun tiket kereta api, Anda tinggal menanti jadwal keberangkatan. Daripada jemu atau mati gaya, mainkan saja lato-lato untuk isi waktu!

Dua pekan terakhir permainan lato – lato aktif dimainkan oleh anak – anak merasa dari kalangan SD hingga SMP. Lato – lato merupakan permainan yang mempertemukan dua bola yang terbuat dari plastik polimer, lantas anggota atas lato – lato diikat oleh tali yang mencampurkan dua bola tersebut.

4 Faedah Bermain Lato-Lato

Lato – lato dimainkan bersama cara mengadukan dua bola hingga bola selanjutnya berputar satu arah dan mengeluarkan bunyi “tek – tek”. Selintas penduduk dan orang tua hanya mengira lato –lato sebagai permainan biasa. Namun siapa sangka bahwa permainan lato – lato miliki banyak faedah bagi kesegaran mental anak.

Dikutip pada Selasa, (09/01/2023) terdapat 4 faedah permainan lato – lato bagi kesegaran mental anak. Pertama dapat menumbuhkan sikap pantang menyerah pada anak. Permainan ini di merasa dari anak yang perlu berfikir bagaimana cara supaya bola dapat berputar tanpa berhenti. Ketika bola gagal berputar, anak dapat mengulangi dan belajar untuk memperbaiki cara bermainnya.

Baca Juga : Pernah Berjaya, Ini Deretan Wahana Ngehits Hiburan Pasar Malam

Secara Medis

Secara medis permainan lato lato berfaedah untuk mengoptimalkan gerak motorik pada anak. Melalui kesibukan memutarkan bola lato – lato secara tidak tahu kesibukan selanjutnya melatih dan memperkuat otot yang terdapat pada tangan, lengan, hingga titik koordinat pada mata. Sehingga perkembangan gerak motorik yang baik dapat menolong anak – anak di dalam melaksanakan aktifitas lain di kehidupan sehari – hari.

Melatih Kesabaran

Manfaat yang ketiga yaitu dapat melatih kesabaran pada anak. Ketika anak melangami kegagalan di dalam bermain lato – lato ia dapat kembali mengulangi dan mempelajari cara bermain yang baik supaya bola dapat berputar tanpa berhenti. Kesempatan inilah yang dapat mengajari anak untuk menghadapi perasaan frustasi akibat kegagalan.

Menghilangkan Kecanduan Gadget

Manfaat yang paling perlu yaitu dapat mengalihkan kecanduan gadget pada anak. Di lingkungan lebih kurang banyak anak – anak yang kecanduan bermain gadget, bersama adanya permainan jadul lato – lato dapat mengalihkan perhatian anak dari handpnone  ke lato – lato, supaya anak melaksanakan interaksi bersama teman seusianya.

Dekan Fakultas Psikologi UIR Yanwar Arief, M. Psi terhitung membetulkan faedah selanjutnya selagi diwawancarai melalui via hanphone pada Selasa, (10/01/2023). Ia beri tambahan bahwa permainan lato – lato dapat dijadikan sebagai pengendalian diri dikarenakan melalui proses pembelajaran yang bertahap, supaya konsentrasi dapat terbentuk.

Ya itu pasti benar,dan faedah yang tidak kalah perlu itu lato – lato dijadikan dapat membentuk pengendalian diri pada anak, karna kan proses belajarnya panjang dan nggak barangkali langsung pandai, jadi terkecuali dia gagal, dia dapat belajar kembali hingga bisa”.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bermain lato – lato terhitung miliki efek negatif. Seperti masalah yang menimpa anak di Kalimantan Barat, bola lato – lato pecah selagi dimainkan hingga perihal mata anak tersebut. Untuk itu tiap tiap orang tua diminta untuk konsisten mengawasi anak di dalam bermain.