Spot Gowes di Jakarta yang Seru dan Aman, Tak Perlu Takut Dengan Banyak Kendaraan Lagi

jalur sepeda di jakarata

Para gowesers dan bikers, gak perlu khawatir karena saat ini ada banyak pilihan spot gowes di Jakarta yang dijamin seru. Banyak fasilitas yang menyediakan tempat sepedaan di Jakarta dengan view cantik dan suasana super mengasyikkan. Sembari menyahatkan badan dengan aktivitas sepedaan, kamupun bisa sekalian update story atau feed Instagram karena memang spotnya yang kece.

Buat para penggowes ria, berikut ini spot gowes dengan view kece yang ada di Jakarta.

1. Stadion Gelora Bung Karno

Sudah sejak lama nih kawasan sekitar Stadion Gelora Bung Karno di Senayan memang spot asyik buat berolahraga. Selain tempat asyik buat lari ataupun jogging, kawasan ini juga jadi spot gowes seru buat sekalian mencari keringat. Lebih menyenangkannya lagi karena kawasan ini memang bebas kendaraan bermotor judi bola parlay sehingga dipastikan aman buat aktivitas lari maupun sepedaan.

Spot paling populer di sini tentu saja area ring road atau jalur melingkar di sekeliling stadion bersejarah Indonesia. Selain ring road, terdapat juga taman-taman hijau yang asri dengan jalur pejalan kaki yang bisa dipakai sepedaan juga. Kalau kamu haus dan lapar, di sinipun terdapat kantin, cafe, atau penjual minuman dan camilan lainnya.

Lokasi: Jl. Pintu Satu Senayan, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

2. Jakarta International Velodrome

Buat bikers “serius” maupun sekedar pehobi sepeda, Jakarta International Velodrome di Rawamangun ini pastinya jadi lokasi favorit. Velodrome Rawamangun ini memang sebuah gelanggang olahraga khusus atlet pesepeda dengan fasilitas kelas Internasional. Gelanggang olahraga ini juga jadi venue balap sepeda pada event Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Mempunyai luas 9,5 hektar, di dalamnya terdapat lintasan sepeda sepanjang 250 m dan dikonsep oleh Schuermann Architects. Dengan fasilitas level Internasional ini pastinya hasrat sepedaanmu akan terasa makin mantap dan bikin semangat. Selain itu letaknya yang dekat LRT dan Transjakarta, maka gampang banget buat menuju lokasi ini dengan transportasi publik.

Lokasi: Jl. Balap Sepeda No.35, RW.6, Jati, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur.

3. Lapangan Banteng

Selain gelanggang olahraga, terdapat juga ruang publik terbuka yang pas sebagai pilihan spot gowes seru di Jakarta yaitu Lapangan Banteng. Lapangan bersejarah yang dulu bernama Waterlooplein ini sudah ada sejak Pemerintahan Herman Willem Daendels lho. Sejak tahun 2018, taman yang terletak sebelah Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal ini direvitalisasi jadi makin kece.

Lapangan di dalamnya terdapat Monumen Pembebasan Irian Barat ini semakin cantik dengan adanya kolam air mancur. Di sini sering diadakan pertunjukan air mancur menari yang penuh warna warni cantik saat sore hari di akhir pekan. Bukan hanya air mancur, di sini memang tersedia trek lari dan sepeda yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga.

Lokasi: Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

4. Monumen Nasional

Siapa sih yang nggak tau dengan Monas alias Monumen Nasional yang menjadi landmark Ibukota Jakarta ini? Bukan hanya ramai dikunjungi karena mau wisata aja, monumen ini juga merupakan spot gowes favorit yang ada di Jakarta. Bahkan dari mulai pagi, siang, hingga malam hari, para pesepeda akan makin banyak meskipun hanya menikmati area platarannya saja.

Baca Juga : Tempat Hiburan Di Bali Paling Seru Dan Menyenangkan

Area platarannya yang luas di sekeliling tugu monas ini pastinya akan sangat seru ditelusuri dengan sepeda. Kalau siang takut kena panas, kamu bisa datang saat malam tiba, di mana tampilannya lebih cantik dengan hiasan lampu-lampu warna-warni. Bagian pelatarannya pun juga terdapat lampu-lampu aneka warna yang menambah cantik wisata malam di Jakarta kali ini.

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Utara No.2, RT.5/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

5. Car Free Day Bundaran HI

Sempat ditiadakan ketika pandemi Covid-19 sedang tinggi-tingginya, kini Car Free Day sudah kembali diadakan untuk warga Jakarta. Minggu pagi kamu jangan sampai lewatkan untuk berlari, jalan santai, maupun sepedaan seru. Kapan lagi kamu bisa bebas menelusuri Jalan Sudirman-Thamrin dan Bundaran HI secara bebas tanpa diganggu kendaraan bermotor.

Spot Bundaran HI tentunya jadi spot gowes dan jogging favorit bagi warga di Jakarta sembari bersantai sejenak. Setelah lelah sepedaan maupun jogging, kamu bisa bergantian berfoto ria dengan latar Patung Monumen Selamat Datang dan air mancur ikoniknya.

Lokasi: Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

6. Kota Tua Jakarta

Sudah gak perlu diragukan lagi kalau kawasan Kota Tua Jakarta memang sangat estetik dan pas untuk kamu yang hobi fotografi dan wisata. Kawasan bekas pusat pemerintahan era VOC hingga Kolonial Hindia Belanda ini memang cantik dengan deretan bangunan tuanya. Apalagi terdapat lapangan Fatahillah yang bisa dinikmati dengan sepeda cantik warna-warni.

Lebih asyiknya lagi saat ini Kota Tua sudah tampil dengan wajah baru yang makin kece lho karena super ramah pejalan kaki dan pengendara sepeda. Dari mulai area pintu keluar Stasiun Jakarta Kota sampai ke arah Lapangan Museum Fatahillah, semua sudah ditata makin nyaman. Jadi sangat pas deh buat menjadikan Kota Tua sebagai spot gowes terbaru di Jakarta yang jaminan asyik.

Lokasi: Jl. Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

7. Taman Margasatwa Ragunan

Mau merasakan sensasi sepedaan sambil melihat pemandangan aneka satwa dari kejauhan? Kamu bisa langsung coba di Taman Margasatwa Ragunan atau yang dikenal juga sebagai Kebun Binatang Ragunan. Bukan hanya pemandangan aneka satwa saja, kebun binatang di Jakarta Selatan ini juga dilengkapi pepohonan teduh yang bikin adem.

Buat yang gak membawa sepeda sendiri, gak perlu khawatir karena pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas penyewaan sepeda. Bahkan pilihan sepedanya dari mulai sepeda umum hingga sepeda tandem yang dilengkapi dua pedal. Selain sepedaan seru, kamu tentunya bisa sekalian berfoto-foto sepanjang area taman margasatwa ini.

Lokasi: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan.

8. Urban Forest Cipete

Spot hangout sekaligus healing sambil jogging dan gowes di Jaksel makin bertambah lagi nih dengan hadirnya Urban Forest Cipete. Dibuka Juli 2022 lalu, tempat ini adalah open space dengan area hijau cukup luas serta teduh di kawasan Cipete, Jakarta Selatan. Bukan hanya menawarkan hijau rindangnya pepohonan, tapi juga disertai spot-spot indah, mewah, dan tentunya Instagramable.

Mempunyai slogan ‘A Place Where Luxury Meets Nature’, kalimat tersebut memang sangat cocok dengan konsep yang ditawarkan oleh taman terbaru ini. Area hijau nan teduhnya dilengkapi area jogging track dan track untukmu yang hendak sepedaan santai di dalamnya. Kalau lapar atau ingin istirahat makan, di sini terdapat restoran Solo Pizza dan juga El Profesor yang punya menu steak.

Lokasi:  Jl. RS. Fatmawati Raya No.45, CilAndak Barat, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

9. Symphony of The Sea

Spot gowes berikutnya ini hadir di Utara Jakarta, tepatnya dari Ancol, dengan nama Symphony of The Sea. Tempat ini juga menjadi spot wisata unggulan di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, terlebih saat liburan anak sekolah. Selain musim liburan, tempat ini juga akan ramai dikunjungi saat akhir pekan di kala malam.

Perpaduan pemandangan pasir putih, laut biru di kejauhan serta bebatuan alam menciptakan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung. Untuk para penghobi gowes, di sini tersedia jogging dan bike track yang bisa dimanfaatkan, serta ada penyewaan sepedanya juga lho. Bahkan pihak pengelola juga kerap menggelar acara musik dengan mengundang artis-artis papan atas untuk hiburannya.

Lokasi: Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara.

10. Jembatan PIK 2

Beberapa waktu belakangan ini masih saja hits dan viral untuk berfoto dia dengan background Jembatan PIK 2. Jembatan ini sejatinya adalah penghubung antara wilayah DKI Jakarta dengan kawasan Tangerang yang sudah masuk Provinsi Banten. Akan tetapi karena bentuknya yang cantik, membuatnya jadi spot tempat wisata baru di PIK yang lagi hits hingga kini.

Banyak orang dan netizen yang mengatakan bahwa jembatan ini mirip seperti Jembatan Sungai Han di Korea yang ikonik dan sering muncul di Drakor. Oleh karena itu, Jembatan PIK 2 ini jadi sasaran buat sepedaan, jogging, nongkrong, sambil berfoto ria. Terlebih saat-saat tertentu seperti car free day, di mana jembatan hanya diperuntukkan untuk pesepeda dan pejalan kaki.

Lokasi: Jl. Untung, Dadap, Kabupaten Tangerang, Banten.

Gimana nih, kalau kamu penghobi sepeda, sudah pada cobain spot gowes di Jakarta tersebut belum? Spot mana aja nih favorit para penggowes di area Jakarta Raya ini?