Prediksi Cuaca Hari Ini, Hujan di Sebagian Wilayah Jakarta Siang dan Malam Hari

prakiraan cuaca kota jakarta

Prediksi Cuaca Hari Ini, Hujan di Sebagian Wilayah Jakarta Siang dan Malam Hari

Tunjukkan potensi hujan di sejumlah lokasi di DKI Jakarta terhadap siang hingga malam hari nanti. Perkiraan cuaca prakiraan cuaca hari ini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terhadap Sabtu pagi, semua lokasi Jakarta berawan jikalau Kepulauan Seribu yang berpeluang hujan ringan.

Pada siang hari, cuaca Jakarta diperkirakan hujan di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Hujan petir diperkirakan cuaca besok hujan atau panas akan melanda lokasi Jaksel, namun hujan di Jakbar dan Jaktim berintensitas ringan.

Hujan ringan diperkirakan akan mengguyur beberapa besar lokasi Ibu Kota, jikalau Jakarta Utara yang berawan tidak tipis terhadap Sabtu malam. Kawasan Jakarta Selatan diprediksi lagi dilanda hujan petir.

BMKG termasuk mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk kawasan DKI Jakarta hari ini. Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di beberapa lokasi Jaksel, Jakbar dan Jaktim terhadap sore dan malam hari,” demikianlah peringatan BMKG dalam laman resminya, Sabtu, 13 Mei 2023.

Suhu Udara

Pada prediksi cuaca hari ini BMKG mengatakan suhu udara di DKI Jakarta terhadap hari ini diperkirakan berkisar pada 26 hingga 33 derajat Celsius dan kelembaban udara terhadap angka 85-95 persen.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memperkirakan cuaca Jakarta terhadap Senin, 8 Mei 2023, hari ini akan dilanda hujan dari siang hingga malam hari.
Dari perkiraan cuaca Jakarta yang diunggah web site BMKG, Senin, diperkirakan hari ini akan diawali dengan cuaca cerah terhadap pagi hari di semua lokasi DKI Jakarta.

Memasuki siang, hujan menjadi berlangsung di beberapa tempat layaknya Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sedangkan di lokasi lain cuaca diperkirakan cuaca jakarta hari ini per jam akan berawan.
Ketika malam, hujan dengan intensitas ringan akan melanda lokasi Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Di lokasi lain diperkirakan akan dilanda cuaca berawan.

Rata-Rata Suhu

Diperkirakan menggapai 24-31 derajat celsius dengan kelembaban udara 70-95 persen.
BMKG ingatkan berhati-hati banjir di BMKG termasuk mengatakan sebanyak 11 kabupaten di lokasi Provinsi Aceh kala ini berstatus berhati-hati banjir dan dua lainnya berstatus siaga.

Di Beberapa Wilayah Lainnya

Status ini wajib diwaspadai oleh masyarakat,” kata prakirawan Stasiun BMKG Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Aceh, Angga Yudha kepada ANTARA, Ahad malam.
Ada pun ke-11 kabupaten/kota di Aceh yang kala ini berstatus berhati-hati banjir diantaranya Kabupaten Aceh Tamiang, Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Besar, Aceh Barat Daya, Kota Subulussalam, serta Kabupaten Aceh Tenggara.

Sedangkan dua kabupaten yang berstatus siaga yaitu Kabupaten Aceh Singkil dan Kabupaten Simeulue.Angga Yudha mengatakan penyebab terjadinya potensi hujan lebat di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Aceh yaitu adanya Tropical Disturbance di Samudera Hindia.

Penyebab Potensi Hujan

Tropical Disturbance, yaitu pergerakan, pemanasan dan sistem kondensansi yang kontinyu membuat awan kumolonimbus yang terbentuk pun bertumbuh jadi besar. Tahap ini dikenal dengan istilah Tropical Disturbance

Selain itu, adanya pola angin yang singgah dari selatan hingga barat yang mempunyai uap air ke lokasi Aceh, yang kemudian membentuk awan-awan konventif.Awan-awan konventif tersebut, kata Angga, kemudian membuat terjadinya awan Cumulonimbus (Cb), supaya berpotensi terjadinya hujan lebat di sejumlah lokasi di Aceh.

Baca Juga : Hujan di Indonesia, Apakah Intensitasnya Tertinggi di Dunia?

Selain potensi hujan lebat, kata angga, di sejumlah kabupaten/kota di Aceh termasuk tetap terkandung potensi petir kala hujan lebat terjadi. “Karena terpantau dari satelit Himawari awan Cumulonimbus secara umum tetap ada diatas pesisir barat selatan Aceh,” kata Angga Yudha.

Akan Diguyur Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca Jakarta akan diguyur hujan terhadap Minggu siang, 7 Mei 2023.BMKG lewat laman resminya di Jakarta, memprakirakan lokasi yang diguyur hujan terhadap siang hari, yaitu Jakarta Barat dengan intensitas ringan, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Oleh karena itu, BMKG mengeluarkan peringatan dini supaya masyarakat Jakarta mewaspadai potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di beberapa lokasi Jakbar, Jaksel dan Jakpus terhadap sore hari.

Namun, terhadap Minggu pagi semua lokasi DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu diprakirakan berawan. Begitu pun terhadap malam hari, semua lokasi Jakarta dan Kepulauan Seribu diprakirakan berawan.

Adapun suhu udara di Jakarta diperkirakan berada terhadap kisaran minimum 24 derajat hingga 31 derajat celsius dengan tingkat kelembaban udara diperkirakan berada terhadap kisaran 70-95 persen.

Suhu yang paling tinggi berada di lokasi Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dengan suhu berkisar 24-31 derajat celsius.