Prediksi Cuaca Hari Ini, Ambon dan Maluku Masih Jadi Perhatian BMKG

cuaca ambon hari ini

Prediksi Cuaca Hari Ini, Ambon dan Maluku Masih Jadi Perhatian BMKG

Sama seperti sehari sebelumya, BMKG tetapĀ  cuaca hari ini di maluku memantau adanya pusat tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera, terhitung sirkulasi siklonik di Samudera Pasifik sebelah timur Filipina dan di Papua, untuk prediksi cuaca hari ini, Jumat 12 Mei 2023.

Sistem-sistem itu membentuk perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Samudera Hindia barat Sumatera Barat, di cuaca ambon bmkg cuaca ambon kemarin Laut Halmahera Utara, dan Papua sampai Laut Arafuru. Ada terhitung daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Cina Selatan, Samudera Hindia sebelah barat Sumatera, dan Samudera Pasifik utara Papua.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang berasal dari Sumatera Selatan sampai Bengkulu, berasal dari Jawa Timur sampai Jawa Barat, berasal dari Sulawesi Tenggara sampai Sulawesi Tengah. Seluruhnya sama,cuaca besok di kota ambon bisa menaikkan potensi perkembangan awan hujan di sekitarnya.

Prakiraan Hujan Kota-kota Hari Ini

Setelah sehari di awalnya memasukkan Ambon di dalam daftar kota berpotensi hujan intensitas sedang, untuk hari ini BMKG menyebut kota yang sama di dalam daftar kota berpotensi hujan disertai petir. Di dalamnya terhitung tersedia Bengkulu, Bandar Lampung, dan Palembang.

BMKG tak menyebut tersedia kota-kota yang berpotensi diguyur hujan lebat maupun sedang terhadap hari ini. Prakiraan langsung lompat ke hujan mudah yang diprediksi terjadi di Banda Aceh, Serang, Yogyakarta, Jakarta Pusat, info bmkg maluku hari ini Bandung, Semarang, Banjarmasin, Samarinda, Pangkal Pinang, Ternate, Manokwari dan Mamuju.

Baca Juga : Negara yang Dilanda Suhu Panas Ekstrem, Capai 51,2 Derajat Celcius

Suhu hawa hari ini di kota-kota di Indonesia berkisar 20-34 derajat Celsius bersama suhu terendah di Bandung dan yang tertinggi di Gorontalo. Berdasarkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat, BMKG menentukan status Siaga untuk wilayah Maluku–sama seperti sehari sebelumnya.

Peringatan Dini Gelombang Tinggi

BMKG terhitung mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi di terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia prakiraan cuaca ambon hari ini per jam terhadap 12-13 Mei 2023. Peningkatan gelombang sangat tinggi di kisaran 4,0 – 6,0 mtr. disebutkannya berpeluang terjadi di Samudera Hindia sebelah barat Lampung dan Samudera Hindia selatan Jawa sampai Bali.

Adapun potensi banjir pesisir atau rob tetap tersedia hari ini untuk pesisir utara Banten, pesisir Kalimantan Barat, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Barat, dan pesisir Kalimantan Tengah (Kotawaringin).

Gunung Merapi

Menjelang musim kemarau, wisatawan yang menyambangi objek wisata di lereng Gunung Merapi senantiasa mesti berhati-hati bersama perubahan cuaca yang bisa tiba-tiba terjadi cepat atau dadakan.

Meski secara umum intensitas hujan di wilayah perkotaan Yogyakarta tampak mulai menurun, terutama selagi siang hari, namun kondisi berlainan bisa terjadi di kawasan lereng Merapi. Seperti terjadi terhadap Kamis siang, 11 Mei 2023. Saat kondisi di perkotaan relatif cerah, namun di kawasan lereng Merapi diguyur hujan cukup deras.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta (BPPTKG) Yogyakarta melaporkan puncak Gunung Merapi
terjadi hujan selama 2 jam lebih mulai pukul 12.45 WIB sampai 14.26 WIB. “Tercatat jumlah curah 13 milimeter, waspadai potensi penambahan aliran lahar di sungai yang berhulu di Gunung Merapi,” kata Kepala BPPTKG Yogyakarta Agus Budi Santoso, Kamis siang.

Curah Hujan

Volume curah hujan kawasan Gunung Merapi tercatat rata rata 39 mm per hari. Beberapa kali guguran lava pijar terhitung tetap terjadi hari ini bersama jarak paling jauh 1.500 mtr. ke arah barat kekuatan atau Kali Bebeng.

masyarakat berhati-hati dan tidak laksanakan kegiatan apa pun di daerah potensi bahaya yang udah ditetapkan. “Masyarakat supaya mengantisipasi masalah akibat abu vulkanik berasal dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama selagi terjadi hujan di seputar Gunung Merapi,” kata dia.

Level Siaga

Masih menyandang status Level III atau Siaga, potensi bahaya selagi ini berupa guguran lava dan awan panas terhadap sektor selatan-barat kekuatan meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 kilometer. Lalu ke arah Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 kilometer. Kemudian terhadap sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 kilometer dan Sungai Gendol 5 kilometer.

Sedangkan lontaran material vulkanik jika terjadi letusan eksplosif bisa menjangkau radius 3 kilometer berasal dari puncak.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memperlihatkan sampai menjelang pertengahan Mei ini, sejumlah wilayah Yogyakarta tetap berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang bisa disertai kilat/petir dan angin kencang.

“Sedangkan untuk tinggi gelombang perairan selatan Yogyakarta terhadap 12-14 Mei diperkirakan masuk kategori sangat tinggi atau berkisar 4-6 meter,” kata Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Yogyakarta Warjono, Kamis.