Penyebab Suhu Yang Ekstrem Dunia

cuaca ekstream di asia

HEAT WAVE atau gelombang panas terbentuk selagi udara terperangkap dan area yang terkena pengaruh sanggup mengalami suhu panas yang menyengat. Suhu yang luar biasa hangat terjadi setidaknya dua hari dan di dalam masalah ekstrem sanggup terjadi beberapa minggu.
Kelelahan akibat kepanasan dari gelombang panas pun sanggup membawa dampak penyakit yang lebih parah kalau tindakan pencegahan tidak langsung dilakukan.
Salah satu perasaan yang paling tidak menggembirakan adalah duduk di bawah terik panas selagi suhu raih tiga digit. Apabila panas terjadi beberapa hari, bisa saja itu adalah gelombang panas.
Fenomena gelombang panas diketahui akhir-akhir ini melanda beberapa besar Asia, seperti India, Bangladesh, dan Thailand.
Berikut adalah tujuh fakta seputar gelombang panas sebagaimana dilansir dari Fox Weather.

1. Definisi Standar yang Berbeda-beda

Jangan heran kalau Anda mendapatkan jawaban yang bervariasi dari ahli meteorologi tentang definisi gelombang panas. Definisi standar tidak ada di pada organisasi cuaca dunia.
The National Weather Service atau Layanan Cuaca Nasional AS mencantumkan gelombang panas sebagai periode cuaca panas yang tidak normal yang terjadi lebih dari dua hari. Sebaliknya, World Meteorological Organization atau Organisasi Meteorologi Dunia mendefinisikan gelombang panas sebagai lima hari atau lebih berturut-turut dengan suhu tinggi minimal 9 derajat Fahrenheit (-12,78 derajat Celsius) di atas rata-rata.

2. Imbauan atau Peringatan Umum yang Dikeluarkan selagi Terjadi Gelombang Panas

Biasanya selama gelombang panas selagi musim panas, Layanan Cuaca Nasional bakal mengeluarkan banyak imbauan, nasihat, atau peringatan. Hal itu termasuk Imbauan Panas (Heat Advisory), Jam Panas Berlebihan (Excessive Heat Watches), dan Peringatan Panas Berlebihan (Excessive Heat Warnings).

Imbauan Panas: Biasanya dikeluarkan di dalam selagi 12 jam sehabis dimulainya panas. Kriteria bervariasi di seluruh negara, tapi biasanya dikeluarkan ketika indeks panas diperkirakan kurang lebih 37 derajat Celcius selama beberapa hari dan suhu malam hari tetap di atas 23 derajat Celcius.

Jam Panas Berlebihan: Dikeluarkan 24 sampai 72 jam sebelum acara cuaca panas. Aturan biasanya adalah ketika suhu indeks panas maksimum diperkirakan 40 derajat Celcius atau lebih tinggi selama minimal dua hari dan suhu udara malam hari tidak bakal turun di bawah 23 derajat Celcius.

Peringatan Panas Berlebihan: Dikeluarkan di dalam selagi 12 jam sehabis momen panas yang berbahaya. Kriteria bervariasi dari satu area ke area lain, tapi biasanya dikeluarkan ketika indeks panas diperkirakan 40 derajat Celcius atau lebih tinggi selama minimal dua hari dan suhu udara malam hari tidak bakal turun di bawah 23 derajat Celcius.

3. Gelombang Panas Mampu Picu Kematian dan Cedera

The Centers for Disease Control plus Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperingatkan bahwa momen panas ekstrem membawa dampak cedera dan apalagi kematian.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Di Yogyakarta Dan Sekitarnya

CDC melaporkan bahwa penyakit yang paling lazim dari suhu panas adalah kelelahan akibat panas dan serangan panas. Para ahli menjelaskan manusia mengalami serangan panas ketika suhu internal mereka naik dengan cepat, dan tubuh tidak sanggup mendinginkan dirinya sendiri. Heatstroke sanggup membawa dampak penyakit lain atau apalagi kematian dan paling sering terjadi pada populasi tua dan muda.

CDC melaporkan bahwa kebanyakan 702 kematian perihal panas terjadi tiap tiap tahun di Amerika Serikat (AS). Jumlah kematian tahunan amat bervariasi tergantung pada tingkat panas. Selama gelombang panas besar pada 1980, lebih dari 1.250 orang diperkirakan tewas langsung karena panas. Kemudian, selama gelombang panas pada 1995, lebih dari 700 kematian dilaporkan di Chicago, AS saja karena suhu yang amat panas.

4. Beberapa Metode untuk Tetap Aman selama Gelombang Panas

The American Red Cross atau Palang Merah Amerika memiliki beberapa tips untuk membantu Anda tetap sejuk dan aman selama gelombang panas.
Minum banyak air untuk menghindar dehidrasi.

Menahan diri dari minuman manis dan berkafein.
Tetap waspada, jangan dulu meninggalkan bayi, hewan peliharaan, atau penyandang disabilitas tanpa pengawasan.
Tinggallah di area teduh atau area ber-AC selama mungkin.
Gunakan baju berwarna terang dan longgar.

5. Dampak Gelombang Panas pada Lingkungan

Selama gelombang panas, udara menjadi stagnan dan polutan sanggup terperangkap lebih dekat ke permukaan tanah. The U.S. Environmental Protection Agency atau Badan Perlindungan Lingkungan AS menjelaskan bahwa polutan sanggup membahayakan segalanya mulai dari hewan sampai tumbuhan.

Pakar tanaman mengatakan, kita bisa saja bakal menyaksikan tekanan pada vegetasi selama gelombang panas yang berkepanjangan. The Oregon State University Extension Service atau Layanan Penyuluhan Universitas Negeri Oregon menjelaskan layu dan pengeringan daun apalagi sanggup terjadi karena tanaman melatih kembali kelembaban untuk bertahan hidup.

6. Gelombang Panas Semakin Umum

Menurut Program Riset Perubahan Global AS, gelombang panas lebih sering terjadi daripada sebelumnya. Misal, kota-kota besar di AS kebanyakan mengalami dua gelombang panas setahun pada 1960-an dan setidaknya enam kali setahun selama 2010-an.
Tidak hanya ada lebih banyak gelombang panas, tapi durasi mantra panas tampaknya termasuk meluas. Pada 1960-an, gelombang panas kebanyakan kurang lebih tiga hari, tapi sekarang biasanya terjadi empat hari.

7. Dampak Gelombang Panas pada Penggunaan Listrik

The U.S. Energy Information Administration (EIA) atau Administrasi Informasi Energi AS menjelaskan gelombang panas sanggup membawa dampak pemadaman listrik yang meluas karena permohonan pada jaringan listrik.

Orang-orang memakai listrik pada beraneka sumber untuk coba mendinginkan diri selama musim panas. EIA melaporkan bahwa permohonan listrik selama bulan-bulan musim panas sering kali raih puncaknya kurang lebih pukul enam sore. EIA termasuk menjelaskan permohonan listrik, dikombinasikan dengan suhu yang hangat, membawa dampak kinerja peralatan yang lebih jelek di jaringan listrik.(*)