Makanan Khas Belanda yang Wajib Kamu Coba, Cita Rasa Autentik!

kuliner terbaik yang ada di belanda

Makanan Khas Belanda

Seperti halnya negara lain di benua Eropa, Belanda juga memiliki beragam makanan khas yang terkenal akan kelezatannya. Mulai dari makanan dengan cita rasa manis hingga gurih, semuanya tersedia di sini.

Tak hanya di restoran mewah, kamu bahkan bisa membelinya di pedagang kaki lima di Belanda dengan harga terjangkau. Kira-kira, apa saja ya makanan khas Belanda yang enak dan rasanya autentik? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Pannenkoeken

Pannenkoeken sudah menjadi makanan pokok di Belanda selama berabad-abad lamanya. Pannenkoeken terbuat dari tepung soba, telur, susu, dan sedikit garam. Untuk topping biasanya menggunakan bacon, salmon, keju, apel, cokelat, gula bubuk, dan stroop yang merupakan sirup khas Belanda.

2. Stroopwafel

Stroopwafel merupakan salah satu jenis kue yang populer di Belanda. Stroopwafel terbuat dari adonan tepung, telur, ragi, susu, mentega, dan gula merah. Cara penyajiannya yaitu di antara dua lapisan tipis wafel diisi dengan sirup manis.

3. Kroket

Kroket merupakan roti yang digoreng dengan daging sapi muda di dalamnya dan dibagian luar dilapisi remah roti. Selain daging sapi, kroket juga bisa menggunakan daging ayam, udang, goulash, dan sayuran.

4. Erwtensoep

Memiliki tekstur yang kental, erwtensoep merupakan sup yang terbuat dari kacang hijau, kentang, wortel, bawang bombay, seledri, dan daun bawang. Biasanya erwtensoep disajikan bersama dengan irisan sosis asap, gandum, bacon asap, keju, dan mentega.

5. Poffertjes

Bahan utama pembuatan poffertjes adalah ragi tepung soba. Makanan khas Belanda yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Biasanya poffertjes disajikan dengan mentega, gula halus, dan sirup.

6. Stew

Stew terbuat dari kentang, sosis yang telah diasap, sayuran, dan saus. Selain lezat, makanan khas Belanda yang populer dan mudah ditemukan di mana-mana ini juga bergizi.

7. Bami Fried

Karena memiliki kedekatan dengan Indonesia, bami goreng juga bisa kamu temukan di Belanda. Makanan yang juga banyak dijual oleh restoran Indonesia di Belanda ini terdiri dari mie telur yang ditumis bersama dengan sayuran, daging, bawang putih, bawang merah, telur, dan cabai.

8. Kibbeling

Kibbeling merupakan potongan ikan yang telah digoreng lalu disajikan bersama dengan mayones, bawang putih, dan saus tartar yang lezat. Sangat mudah untuk menemukan kibbeling, terutama di gerobak penjual ikan di pasar lokal.