Lima Artis Ini Nyaris Terseret Kasus Pencucian Uang

artis pencucian uang

Kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dijalankan Rafael Alun, terkuak melibatkan sosok figur publik berinisial R. Meskipun belum disebutkan siapa orang tersebut, namun ini artis yang terlibat pencucian uang membawa ulang terhadap sebagian figur publik yang dulu nyaris terjerumus dalam TPPU.

Ketika laksanakan penyelidikan perihal TPPU, penyidik wajib laksanakan follow the money, yang merupakan atas artis yang terlibat pencucian uang inisial p dasar himbauan Financial Action Task Force on Money Laundering (FATF). Berikut ini adalah sebagian nama figur publik yang sempat dikira terlibat persoalan TPPU.

Didukung Bongkar Korupsi dan Pencucian Uang di Indonesia Leonardo DiCaprio Jadi Saksi Kasus artis yang terlibat Pencucian Uang 4 4 triliiun Penyandang Dana Film Wolf of Wall Street

1. Rossa

Nama penyanyi solo wanita Rossa, sempat dibawa-bawa dalam persoalan yang menjerat DNA Pro terhadap April 2022 lalu. Rossa sempat menyerahkan honornya saat menyanyi untuk salah satu artis yang terlibat pencucian uang di indonesia acara DNA Pro senilai Rp 172 juta.

Saat itu, terhitung berjalan semacam pro dan kontra karena honor Rossa ini dianggap sebagai hak Rossa yang telah siapa artis r yang terlibat pencucian uang menggerakkan kewajiban bernyanyi, terlepas dari mana asal uang itu. Diibaratkan saat pelaku pergi berobat ke dokter atau makan di warung makan, harusnya uang yang telah diberikan sebagai transaksi tidak wajib disita.

Hubungan Wahyu dan para artis ini mayoritas karena endorse. Dimana, mereka jadi merek ambassador produk artis inisial r yang terlibat pencucian uang bisnis Wahyu dan istri.

Baca Juga : Pelawak Paling Tajir di Indonesia

Dia mencontohkan Stefan William yang menerima duwit dari tugasnya sebagai merek ambassador bisnis milik istri Wahyu. Begitu termasuk bersama dengan Rian D’Masive dan Judika yang jadi merek siapakah artis inisial r yang terlibat kasus pencucian uang ambassador bisnis Wahyu.

Gus Miftah seperti Atta Halilintar menjajakan lelang motor Rp123 juta. Haji Faisal menerima hasil lelang Rp400 juta,” sebutnya.

Zainul menghendaki para artis ini berada di segi korban sehingga kasus ini bisa tuntas dan hak korban bisa dikembalikan. Dia mengingat kasus Ivan Gunawan yang mengembalikan duwit saat menentukan mundur dari merek ambassador.

2. Ivan Gunawan

Masih dalam persoalan yang serupa bersama dengan TPPU yang dijalankan DNA Pro, Ivan Gunawan terhitung menyerahkan uang senilai Rp 921,7 juta. Ivan sempat disebut terlibat dalam TPPU lantaran didapuk sebagai merek ambassador DNA Pro. Namun, penyidik telah laksanakan pengecekan dan mengambil keputusan Ivan tidak terlibat.

3. Atta Halilintar

Atta Halilintar dulu diperiksa tentang TPPU berkedok robot trading Net89 terhadap Oktober 2022 lalu. Ini sebab Atta melelang bandananya seharga Rp 2,2 miliar kepada tersangka. Tetapi saat itu Atta cuma dimintai info dan dipastikan tidak terlibat didalam persoalan tersebut.

4. Kevin Aprilio

Nama anak berasal dari Adie MS dan Memes ini sempat disebut didalam persoalan Net89 juga. Tetapi Kevin mendatangi Bareskrim Polri untuk mengatakan bahwa dirinya merupakan korban penipuan Net89, dengan menyimpan deposit usai diajak oleh temannya. Ia sempat menambahkan testimoni lantaran didasari pengalamannya, dan bukan mengiklankan.

5. Raffi Ahmad

Kasus teranyar TPPU yang dikerjakan Rafael Alun, melibatkan sosok figur publik berinisial R dan banyak yang menduga-duga itu adalah Raffi Ahmad. Dalam sebuah acara yang dipandunya, Raffi mengaku santai dikala namanya dikait-kaitkan dengan persoalan Rafael.

Raffi terhitung memastikan bahwa duwit yang didapatnya beberapa besar berasal dari hasil syuting dan halal. Selain itu, sang ibu Amy Qanita terhitung sempat angkat berbicara tentang hal ini, dan ia sangat percaya anaknya tidak dulu terlibat didalam transaksi haram atau pidana.