Layang-Layang, Permainan Tradisional Warisan Nenek Moyang Indonesia

permainan layang layang

Layang-layang merupakan model permainan tradisional yang biasa dimainkan anak-anak hingga orang dewasa. pola Permainan layang layang ini hampir ditemukan di tiap-tiap penjuru area di Indonesia.

Permainan layangan ini telah berlangsung berasal dari zaman dahulu kala. Hal ini ditemukan di dalam lukisan yang ditemukan di gua Pulau Muna Provinsi Sulawesi Tenggara yang tunjukkan rutinitas permainan cara bermain layang-layang.

Ingin mengenal lebih jauh mengenai rutinitas permainan layang-layang ini? Berikut penjelasan mengenai pengertian, permainan layang layang berasal dari langkah memainkan, faedah berasal dari layang-layang.

Pengertian Permainan Layang-layang

Mengutip jurnal Nilai Edukasi Permainan Tradisional sejarah permainan Layang-layang: Masyarakat Banten pada Masa Covid-19 yang disusun Arif Permana Putra, dkk, layang-layang merupakan lembaran bahan tidak tebal berkerangka yang diterbangkan ke hawa dan terhubungkan bersama dengan tali atau benang ke pengendali.

Permainan ini memanfaatkan kecepatan gerak angin sebagai alat pengangkatnya. Layang-layang mempunyai banyak jenis, salah satunya layang aduan, model layangan yang paling banyak digunakan

Layang-layang sendiri merupakan permainan yang terbilang terjangkau bersama dengan harga yang tidak amat mahal. Mainan tradisional ini terhitung enteng untuk didapatkan baik bersama dengan memicu sendiri ataupun membeli.

Fungsi Permainan Layang-layang

Layang-layang biasanya mempunyai bentuk belah ketupat. Sumber: Pixabay.com
Selain berfaedah untuk menghibur, permainan layang-layang terhitung mempunyai sejumlah faedah di dalamnya, di antaranya:

1. Fungsi Ritual

Layang-layang mempunyai faedah ritual karena mainan tradisional ini dimainkan pada ritual tertentu. Contohnya, masyarakat Bali mempercayai layang-layang digunakan sebagai pelindung singgasana para dewa. Dewa layang-layang di Bali adalah Rare Angon.

Tak hanya masyarakat bali, masyarakat Sumatera Barat hingga sementara ini mempunyai keyakinan pada layang-layang bertuah yang sanggup memikat anak gadis yang bernama layang-layang hias dangung-dangung.

Di samping itu, masyarakat di Pulau Jawa terhitung memanfaatkan layang-layang mengusir serangga dan burung liar di ladang sawah.

2. Fungsi sebagai Alat Bantu Memancing

Layang-layang biasanya digunakan terhitung sebagai alat bantu memancing. Layang-layang ini terbuat berasal dari anyaman daun sejenis anggrek tertentu, dan dihubungkan bersama dengan mata kail yang dijalankan oleh masyarakat Jawa Barat, Lampung, dan lebih dari satu area di Indonesia.

Di Pangandaran dan lebih dari satu area lain, layang-layang dipasangi jerat untuk menangkap kalong atau kelelawar.

Cara Memainkan Layang-layang

Permainan tradisional layang-layang amat enteng dimainkan. Kita hanya membutuhkan layang-layang yang telah dikaitkan bersama dengan benang serta tanah yang lapang untuk menjadi arena permainannya.

Dengan memanfaatkan angin yang ada, layang-layang yang akan dimainkan dinaikkan bersama dengan memanfaatkan tali benang dan terhitung akan dikendalikan melalui tali tersebut.

Selain dimainkan untuk kesenangan, layang-layang terhitung sanggup menjadi permainan yang dilombakan. Caranya bersama dengan mengadu kebolehan antar satu layang bersama dengan layang lainnya.

Mengadu kebolehan layang-layang dijalankan bersama dengan langkah memutus benang lawan. Ketika layang-layang telah sanggup mengenai mengenai benang lawan, langsung benang layang-layang diulurkan, sehingga benang sanggup memotong benang lawan.

Agar benang lawan cepat terputus, kita sebaiknya memutar-mutar layang-layangnya. Kemudian layang-layang akan saling memotong. Untuk memilih kalah atau menang tergantung kepada kebolehan benangnya atau bersama dengan kata lain layang-layang yang putus itulah yang kalah.

Layang-layang adalah salah satu permainan tradisional yang cara memainkannya bersama menerbangkannya ke hawa mengandalkan angin dan ketangkasan mengulur dan menarik benang.

Baca Juga : Mengetahui Urutan Permainan Lompat Tali Karet

Permainan layang-layang kemungkinan sudah jarang ditemukan dimainkan oleh anak-anak di kawasan perkotaan.

Terlepas dari keterbatasan lahan terbuka untuk memainkannya, lebih banyak anak – anak yang repot dan asyik bermain bersama smartphone atau games virtual lainnya.

Kecenderungan ini termasuk lah yang memicu makin jarang muncul anak-anak yang suka beraktivitas di luar ruangan, salah satunya bermain layang-layang di lapangan terbuka. Permainan ini terkenal dimainkan tak hanya di kalangan anak-anak tetapi termasuk banyak disukai oleh orang dewasa sampai orang tua.

Tapi, tahukah kamu seperti apa histori awal timbulnya permainan layang-layang di Indonesia?Bukti histori tertua mendapatkan fakta bahwa ditemukan sebuah lukisan layang-layang yang berasal dari 4000 tahun sebelum saat masehi di Goa Muna, Sulawesi Tenggara.

Dari temuan itu diketahui bahwa nenek moyang pada zaman pernah sudah memainkan layang-layang, meski ada beraneka cara memainkannya dari mengadu tarik menarik sampai mengulur layang-layang terbang setinggi kemungkinan di langit.

Saking terkenal dan digemarinya permainan tradisional ini, permainan ini punyai komunitasnya sendiri yang dinamai komunitas Pelangi (Persatuan Layang-Layang Indonesia).

Lalu, apa saja model layang-layang yang wajib kamu ketahui? Yuk, simak sama-sama gambaran lengkapnya di bawah ini, Kids.

Jenis-Jenis Permainan Tradisional Layang-Layang

1. Layangan Adu

Layangan adu punyai wujud adu yang biasanya sengaja dirancang supaya bisa terbang lebih agresif dibandingkan layangan sederhana.

Biasanya layangan ini ukurannya enggak benar-benar besar sebab terkecuali bebannya makin berat maka bakal makin sulit benang layangannya untuk menopang.

Jika sudah begitu maka layangan bakal gampang putus, sedangkan benang layangannya punyai beraneka jenis, terasa dari nilon sampai gilas atau gelasan.

2. Layangan Hias

Layang-layang hias biasanya punyai banyak model ukuran dari yang besar sampai kecil. Layangan hias biasanya bakal ditampilkan didalam acara spesifik seperti festival atau perlombaan yang menilai dekorasi dan desain layang-layang paling cantik sebagai pemenangnya.

3. Layang-Layang Tradisional

Layang-layang ini biasanya berupa oval bersama bagian buntut yang muncul jelas. Ciri-ciri lainnya adalah ada bunyi dari benang karung goni atau dari pita kaset yang digunakan sebagai gulungan benangnya.

4. Layang-Layang Kreasi

Biasanya berupa diamond dan layak untuk dijadikan sebagai layang-layang aduan.Uniknya pada tubuh layang-layang bisa dilukis cocok kreasi si penerbang layang-layang.

Inilah yang nanti bakal memudahkan untuk membedakan layang-layang di langit ketika diadu bersama layang-layang lainnya. Itulah tadi urain singkat berkenaan permainan layang-layang di Indonesia dan jenis-jenis layangan yang wajib kamu tahu.

Semoga Info di artikel ini bisa menaikkan pengetahuanmu berkenaan permainan tradisional Indonesia, ya, Kids.