Kuliner Tradisional Khas Palembang Yang Legendaris

kuliner palembang

Palembang, ibu kota Sumatera Selatan, memiliki beragam kuliner tradisional yang legendaris dan lezat. Berikut adalah beberapa contoh kuliner tradisional khas Palembang yang sangat terkenal:

  1. Pempek: Pempek adalah makanan ikonik Palembang yang terbuat dari campuran tepung ikan tenggiri, tepung sagu, dan bumbu rempah. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang khas dan irisan timun. Ada berbagai jenis pempek, seperti pempek kapal selam, pempek lenjer, dan pempek adaan.
  2. Tekwan: Tekwan adalah sup ikan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang dihaluskan dan dibentuk menjadi bola-bola kecil, disajikan dengan kuah kaldu ikan yang gurih dan diberi tambahan bihun, irisan jamur, dan irisan bengkuang.
  3. Model: Model adalah hidangan khas Palembang yang terbuat dari ikan gabus yang digoreng kering dengan bumbu rempah khas. Ikan model biasanya disajikan dengan sambal yang pedas dan nasi hangat.
  4. Lakso: Lakso adalah hidangan mie khas Palembang yang terbuat dari campuran tepung sagu dan ikan, disajikan dengan kuah santan yang kental dan gurih, serta diberi tambahan irisan daun bawang, daun kucai, dan irisan bengkoang.
  5. Laksan: Laksan adalah hidangan mirip lakso, namun mie-nya dibentuk bulat seperti lontong. Laksan juga disajikan dengan kuah santan yang slot depo 25 bonus 25 bebas ip kental dan berbagai bumbu rempah.
  6. Tekwan Palembang: Meskipun nama sama dengan hidangan tekwankhas Palembang, hidangan ini berbeda dengan tekwan yang disebutkan sebelumnya. Tekwan Palembang adalah hidangan berupa pangsit isi yang direbus dalam kuah kaldu ikan khas Palembang.
  7. Kerupuk Beling: Kerupuk beling adalah kerupuk tradisional Palembang yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan udang, kemudian digoreng hingga kering. Kerupuk beling memiliki tekstur yang renyah dan gurih, sering kali dijadikan camilan atau pendamping hidangan.

Itulah beberapa contoh kuliner tradisional khas Palembang yang sangat terkenal dan lezat. Keberagaman dan kelezatan kuliner Palembang membuatnya menjadi destinasi kuliner yang populer bagi wisatawan yang berkunjung ke kota ini.