KSOP Ternate tunda pelayaran tujuan Manado-Bitung karena cuaca buruk

KSOP Ternate

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Maluku Utara (Malut), menunda pelayaran rute Pelabuhan Ternate tujuan Manado dan Bitung, Sulawesi Utara, akibat cuaca buruk.

“Kami sementara menunda pelayaran kapal akibat cuaca buruk yang dikeluarkan oleh prakiraan cuaca dari BMKG Ternate, mengenai ketinggian gelombang mencapai 4 meter di perairan antara Malut – Sulawesi Utara,” kata Kepala Seksi Keselamatan Berlayar dan Patroli KSOP Kelas II Ternate, Miraza di Ternate, Jumat.

Baca Juga:

Ada beberapa daerah di Malut juga ditunda pelayaran kapal, di antaranya rute Pelabuhan Ternate – Pulau Loloda di Kabupaten Halmahera Utara, Ternate tujuan Kabupaten Pulau Morotai, Ternate tujuan Pelabuhan Sanana di Kabupaten Kepulauan Sula dan rute Ternate tujuan Kecamatan Pulau Batang Dua, karena rawan jika diizinkan berlayar.

Dia mengatakan penundaan pelayaran kapal ke antar – pulau baik di wilayah Malut maupun tujuan Sulawesi Utara, ditandatangani langsung oleh Kepala KSOP Kelas II Ternate, Rushan Muhammad, mulai berlalu 7 hingga sampai 10 April 2023 ini sudah diteruskan ke seluruh Syahbandar di kabupaten dan kota di Malut.

“Untuk pelayaran kapal yang masih dibuka saat ini adalah rute Pelabuhan Bastiong Ternate, tujuan Pelabuhan Babang dan Pelabuhan Kupal di Kabupaten Halmahera Selatan, karena cuaca di perairan itu dinilai masih normal,” ujarnya.

Dia menyebutkan sesuai surat edaran hingga sampai 10 April, tetapi pihaknya tetap memantau perkembangan kondisi perairan jika sudah membaik maka akan membuka kembali pelayaran kapal.

Oleh karena itu, KSOP Ternate meminta kepada agen dan nakhoda kapal untuk menaati surat edaran yang dikeluarkan tersebut karena
​​​​keselamatan penumpang, barang maupun kapal dalam pelayaran menjadi prioritas.