Informasi yang Perlu Diketahui Warga Jakarta Menyambut Hari Raya Idul Fitri 2023

cuaca di jakarta

Tinggal menghitung hari lagi Hari Raya Idul Fitri 2023 akan tiba. Polda Metro Jaya telah memperkirakan bahwa puncak arus mudik Lebaran dimulai sejak hari ini.

Polda Metro juga merilis sejumlah informasi penting yang perlu diketahui warga, mulai dari puncak arus mudik, potensi titik macet keluar Jakarta, hingga pelayanan yang ditutup saat libur Lebaran 2023.

1. Puncak arus mudik
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Latif Usman mengatakan puncak arus mudik Lebaran diperkirakan terjadi mulai 18 April hingga 21 April 2023.

“Diharap sudah dari kemarin mudik, tetapi nanti kan mulai puncaknya besok 18, 19, 20, itu yang sampai 21 April 2023,” kata dia saat pelepasan romobongan mudik gratis Pemprov DKI di Monas, Kecamatan Gambir, Jakarta Utara, Senin, 17 April 2023.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan 1.500 personel khusus untuk pengamanan lalu lintas pada masa mudik dan arus balik Lebaran. Diprediksi kemacetan arus mudik terjadi di tol Cikampek dan jalan arteri Halim Lama, Kalimalang sampai Bekasi-Karawang.

“Nanti secara keseluruhan ada 1.500 personel, itu udah dibagi seluruhnya khusus lalu lintas, tapi secara keseluruhan polisi (Polda Metro Jaya) enam ribu sekian personel,” ucapnya.

2. Potensi titik macet keluar Jakarta
Polda Metro juga telah memetakan lokasi-lokasi di pintu keluar Jakarta yang rawan macet selama arus mudik Lebaran 2023.

“Titik pintu keluar Jakarta yang rawan macet dibagi menjadi dua kategori, yakni untuk roda empat dan roda dua,” kata Latif dilansir dari Antara, Senin, 17 April 2023.

Kemacetan untuk kendaraan roda empat akan terjadi di Tol Jakarta-Cikampek (Japek), akses lalu lintas menuju Pelabuhan Merak dan menuju Bogor, Jawa Barat.

Sedangkan, titik macet untuk kendaraan roda dua diperkirakan terjadi di Jalan Inspeksi Kalimalang. Sebab, lokasi tersebut biasanya digunakan masyarakat untuk mudik menggunakan sepeda motor melalui jalur utara.

Baca Juga: Prediksi Cuaca Hari Ini Suhu Udara Sampai 35 Derajat, di Mana?

3. Pelayanan samsat ditutup
Pelayanan samsat Polda Metro Jaya selama mudik Lebaran 2023 diliburkan. Menurut Latif, pelayanan untuk dokumen berkendara itu tutup pada 19-25 April 2023.

“Satpas sama Samsat libur. Hari ini sama besok pagi terakhir pelayanan,” kata dia saat ditemui di Monas, Jakarta Pusat, Senin, 17 April 2023.

4. Layanan titip kendaraan gratis
Polda Metro menyiapkan layanan penitipan kendaraan secara gratis bagi masyarakat yang hendak mudik Lebaran 2023 ke kampung halaman.

“Polda Metro Jaya memiliki program penitipan kendaraan di Polsek setempat sesuai dengan akomodasi kapasitas Polsek yang sesuai,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko, Rabu 12 April 2023.

Jika kapasitas parkir di Polsek tidak dapat menampung kendaraan, Polda Metro akan memaksimalkan Polisi RW di sekitar permukiman warga melalui kegiatan siskamling (sistem keamanan lingkungan) rutin.

5. Rekayasa lalu lintas di tempat wisata
Polda Metro juga fokus pada rekayasa lalu lintas di beberapa lokasi wisata saat Idul Fitri 2023. Pada masa libur Lebaran, masyarakat biasanya mendatangi tempat wisata bersama keluarga.

“Rekayasa di wisata seperti Ragunan, Ancol, Monas, Kota Tua, PIK, Taman Mini itu sudah kami siapkan semua,” tutur Latif.