Hujan Deras Hanya di Kota-kota di Sumatera

hujan deras di beberapa wilayah di sumatera

Hujan Deras Hanya di Kota-kota di Sumatera

Hujan Deras

Dalam prediksi cuaca hari ini, Sabtu 20 Mei 2023, cuaca hujan banyak terkonsentrasi di kota-kota yang ada di bmkg Sumatera utara. Hujan yang disertai petir, misalnya, BMKG memperkirakannya terjadi di Bandar Lampung. Sedangkan hujan lebat bisa saja terjadi di Medan.

Hujan Sedang

Untuk prediksi cuaca hari ini hujan intensitas sedang, BMKG juga hanya menyebut Palembang. Adapun potensi untuk hujan gampang gampang tersebar di Banda Aceh, Bengkulu, Jambi, Pekanbaru, Padang, Tanjung Pinang, Bandung, Pontianak, Banjarmasin, Palangka Raya, Jayapura, dan Manado.

Suhu

Menurut BMKG, suhu hawa hari ini bakal berkisar antara 20-34 derajat Celsius. Suhu paling rendah di Bandung dan yang tertinggi di Banda Aceh, Semarang, dan Makassar.
Prediksi cuaca hari ini ikuti pantauan BMKG atas terdapatnya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia barat Sumatera yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Samudera Hindia barat Sumatera.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Jawa Timur hingga Jawa Barat, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dan dari Papua anggota selatan hingga Papua anggota tengah.

Ada juga daerah konfluensi curah hujan di sumatera selatan di Samudera Hindia sebelah barat daya Sumatera, Laut Cina Selatan, dan Samudera Pasifik utara Papua. Seluruh konvergensi dan kofluensi berikut dapat menambah potensi pertumbuhan awan hujan di sekitarnya.

Gelombang Tinggi

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah perairan terhadap hari ini curah hujan tinggi di sumatera. Peluang peningkatan gelombang setinggi 2,5 – 4,0 mtr. disebutkan di perairan selatan Banten hingga Pulau Sumbawa, Selat Bali – Lombok – Alas anggota selatan, Samudera Hindia selatan Banten hingga NTB dan Samudera Hindia selatan Pulau Sumbawa hingga Pulau Sumba.

Banjir Rob

Banjir pesisir atau rob sebagian hari belakangan juga masih bertahan. Potensinya tersebar di:
– Pesisir Aceh (Pesisir Sabang, Meulaboh)
– Pesisir Sumatera Utara (Pesisir Belawan dan sekitarnya)
– Pesisir Kepulauan Riau (Pesisir Karimun, Batu Ampar, Tanjung Uban)
– Pesisir utara, barat dan selatan Banten
– Pesisir utara DKI Jakarta
– Pesisir Jawa Timur
– Pesisir NTB (Pesisir Kabupaten Lombok Barat dan Bima)
– Pesisir Maluku (Teluk Ambon, Saumlaki, Banda, pesisir selatan Seram, Kai, Dobo, Seram anggota timur)
– Pesisir Maluku Utara (pesisir selatan Taliabu, Kepulauan Sula, Mangole, pesisir barat Obi, pesisir barat Bacan, Loloda, pesisir barat Morotai)
– Pesisir Papua Selatan (Pesisir Selat Muli)
– Pesisir Kalimantan Barat
– Pesisir utara Jayapura (Demta, Depapre, Ravenirara dan Muara Tami) dan pesisir utara Sawai (Kab. Mamberamo)

Hujan Di Sertai Petir

Menyebutkan hujan disertai petir bakal terjadi di Jambi, Pekanbaru, dan Pontianak. Hujan lebat bisa saja terjadi di Ternate. Hujan intensitas tengah diperkirakan terjadi di Bandung, Medan, Tarakan, dan Jayapura.

Beberapa kota yang lain, juga Serang, Bandar Lampung, Bengkulu, Palembang, Padang, Banjarmasin, Palangka Raya, Samarinda, Ambon, Makassar, dan Manado hanya bakal diguyur ringan.

Hujan Ringan

BMKG memperkirakan suhu hawa diperkirakan berkisar antara 20-34 derajat Celsius bersama dengan suhu paling rendah di Bandung dan tertinggi di Pontianak, Banjarmasin dan Medan. Tak ada peringatan dini siaga bencana berbasis potensi hujan lebat untuk hari ini dari BMKG.

Baca Juga : Prediksi Cuaca Hari Ini, Hujan di Sebagian Wilayah Jakarta Siang dan Malam Hari

Namun potensi banjir pesisir atau rob masih ada. Beberapa wilayah pesisir yang diminta mengantisipasi adalah pesisir Sumatera Utara (Belawan dan sekitarnya), pesisir Kepulauan Riau (Karimun, Batu Ampar, Tanjung Uban), pesisir Banten (utara, barat, selatan), pesisir utara Jawa Barat, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir Jawa Timur.

Bibit Siklon Tropis

Prediksi cuaca hari ini berikut berdasarkan pantauan BMKG terhadap, antara lain, bibit siklon tropis 96W di Samudera Pasifik sebelah utara Papua. Juga terlihat adanya, sirkulasi siklonik di Papua anggota selatan yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Papua anggota selatan.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Sumatera Utara hingga Aceh, dari Jambi hingga Riau, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tengah anggota utara hingga Laut Sulawesi. Ada juga daerah konfluensi di Papua anggota utara dan Samudra Pasifik utara Papua Barat hingga Papua.

Seluruh konvergensi, konfluensi, dan bibit siklon, kata BMKG, dapat menambah potensi pertumbuhan awan hujan di sekitarnya.Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Jumat, 19 Mei 2023, bersama dengan sebagian wilayah Indonesia dilanda hujan dan banjir pesisir atau banjir rob. BMKG juga mengeluarkan peringatan siaga bencana hidrometeorologi.