Hati-Hati, Besok 10 April 2023, BMKG Prediksi Cuaca di Wilayah Indonesia Alami Panas Ekstrem

cuaca panas hari ini

Bagi kamu yang hendak bepergian atau keluar rumah pada besok, Senin (10/04/2023) sebaik-baiknya berhati-hati.

Pasalnya Badan Meteorologi, klimatologi dan geofisika melalui laman instagram resminya, memprediksi sinar ultraviolet yang sangat kuat atau ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia.

Wilayah timur sudah berstatus ‘extreme’ atau sangat berbahaya, sementara wilayah tengah dan barat akan mulai merasakan intensitas sinar ultraviolet yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak berada di luar ruangan dalam waktu yang lama dan selalu siap sedia dengan tabir surya dan pakaian tertutup untuk melindungi diri dari bahaya matahari.

Puncak sinar ultraviolet akan terjadi dari pukul 10.00 hingga 13.00 dan secara bergantian, wilayah Indonesia bagian tengah, barat, dan timur, akan terkena paparan sinar ultraviolet dengan status ekstrem.

Baca Juga: Waspada Hujan, Cek Detail Prakiraan Cuaca Hari Ini

Pada jam 07.00 WIB, wilayah timur Indonesia, mencakup Papua dan Maluku, akan mengalami paparan sinar ultraviolet yang ‘moderate’ dengan risiko bahaya sedang.

Dianjurkan untuk berada di tempat teduh. Jika berada di luar ruangan, hendak memakai topi dan menerapkan tabir surya dengan SPF 30+.

Sementara itu, wilayah Indonesia lainnya terpantau masih akan berstatus ‘low’, dengan risiko bahaya rendah.

Sinar ultraviolet mulai menggila pada pukup 09.00. Wilayah timur terpantau berstatus ‘extreme’ atau sangat bahaya.

Di wilayah tengah hingga barat pun sudah mulai akan intens terkena ultraviolet.

Untuk itu, disarankan untuk tak berada di luar ruangan dalam waktu lama. Selalu siap sedia tabir surya dan memakai pakaian tertutup agar terlindungi dari bahaya matahari.

Puncak sinar ultraviolet akan terjadi cukup lama dari pukul 10.00 hingga 13.00 WIB.

Secara bergantian, wilayah Indonesia bagian tengah, barat, dan timur, akan kebagian paparan sinar ultraviolet dengan status ekstrem.

BMKG juga mengingatkan bahwa sinar ultraviolet ekstrem dapat menyebabkan kerusakan kulit dan mata jika tidak dilindungi dengan baik.

Untuk menghindari bahaya tersebut, sebaiknya tetap berada di dalam ruangan jika tidak terlalu mendesak untuk keluar, terutama antara pukul 10.00 hingga 13.00.

Sinar ultraviolet diperkirakan akan kembali normal pada pukul 16.00 WIB hingga malam hari.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan diri.(*)