Destinasi Hiburan di Jalur Pantura yang Terdapat di Pulau Jawa

Jawa Tengah

Pulau Jawa terkenal akan banyaktempat wisata yang dapat dikunjungi saat masa liburan, berikut beberapa tempat yang bisa anda kunjungi:

  1.Pantai Marina

Pantai Marina yang terletak di ujung Kota Semarang, Jawa tengah, posisi pantai Marina yang berdekatan dengan pantai Maron yang banyak dikunjungi.

Pantai Marina sendiri terkenal dengan pantai yang dianggap penuh ketenangan, karena tidak seperti pantai Maron yang banyak di kunjungi wisatawan.

Pantai Marina tidak hanya terdapat pasir saja tetapi terdapat paving blockk yang dapat digunakan pengunjung untuk berolahraga, aktivitas judi bola parlay yang dapat dilakukan saat berada di pantai Marina kita dapat menyewa perahu yang dapat digunakan berkelilingi sekitar pantai untuk melihat hutan bakau yang terdapat disekitar pantai, aktivitas lain kita dapat melakukan aktivitas memancing di pinggir pantai.

Pengunjung yang ingin masuk ke pantai Marina hanya dimintai tiket yang seharga Rp. 5.000 saja. untuk parkir pengunjung tidak dimintai uang tetapi pengunjung harus memastikan kendaraan dalam kondisi aman sebelum meninggalkannya.

2.Museum Batik Pekalongan.

Museum batik pekalongan adalah museum batik yang berada di jalan Jetayu No.1, kota Pekalongan. Museum dengan luas 40 meter persegi dan memiliki koleksi batik sebanyak 1149 koleksi batik antara lain seperti wayang Beber yang teerbuat dari kain batik yang berusia ratusan tahun dan alat tenun tradisional.

Sebelum di gunakan sebagai Musum Batik, gedung ini sebenarnya adalah gedung yang di gunakan oleh kantor Balai kota Pekalongan. saat masa penjajahan Belanda gedung di gunakan  sebagai kantor keuangan yang menaungi tujuhpabrik gula yang ada di karesidenan Pekalongan.

Fasilitas yang ada di Museum Batik Pekalongan berupa ruang koleksi batik, ruang perpustakaan kedai batik, ruanf pertemuan, ruang workshop batik, dan ruang konsultasi atau ruang pelayanaan hak kekayaan intelektual .

Untuk menikmati koleksi batik di Museum ini dikenakan biaya masuk sebesar Rp.5.000 per orang untuk dewasa dan Rp.1.000 untuk anak-anak.

Jika pengunjung ingin mengikuti workshop dikenakan biaya sesuai ukuran dari kain yang digunakan:

  • Untuk media kain ukuran 30×30: Rp20.000.
  • Untuk media kain ukuran 50×50 :Rp25.000
  • Untuk media kain ukuran 30×30 dengan bingkai kayu: Rp25.000.
  • Untuk media kain ukuran 60×60: Rp.65.000.

Baca juga:

Cerberus: Cuaca Panas ekstrim yang Melanda Sebagian Eropa

Sering Berkunjung ke Semarang? Cobalah ke Tempat yang Cocok untuk Berfoto Bersama Keluarga

3.Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus adalah slaah satu peninggalan sejatrah yang dulu di bangun oleh salah satu Wali Songo yaitu Sunan Kudus.

Nama resmi Masjid Menara Kudus adalah masjid Al-Aqsa Menarat Qudus menara dari masjid ini cukup menarik karena menyerupai bangunan candi yang melambangkan akulturasi budaya di masa lalu.

Saat ini Masjid Menara Kudus masih digunakan sebagai tempat ibadah umat muslim.

Selain sebagai masjid dan tempat ibadah, masjid Menara Kudus juga sering digunakan sebagai tempat ziarah ke makam Sunan Kudus, teerdaat juga makam keluarga dari Sunan Kudus yang berada di belakang kompleks masjid.

Untuk waktu berziarah dapat dimulai dari pukul 08.00 sampai jam  22.00 malam .

4.Monumen Kapal Selam

Monumen kapal selam atau yang sering di singkat Monkasel merupakan museum kapal selam yang ada di Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, tepatnya berada di jalan Pemuda No 39, kota Surabaya. Monumen ini sebenarnya kapal selam KRI Pasopati 410. Dulu saat masih aktif kapal selam ini digunakan untuk membantu membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda.

Selain dapat menjelajah kapal selam disini juga terdapat fasilitas hiburan lain seperti  menonton film dokumenter, live music, dan wisata air kalimas.

Tarif biaya untuk dapat berkunjung ke Monumen Kapal Selam dikenakan biaya Rp 5.000 per orang sementara untuk rombongan Rp3.000 dengan minimal 30 orang.