Cuaca Jakarta Siang Hari Berawan, Malam Diprediksi Hujan Disertai Petir

Cuaca

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan DKI Jakarta bakal diguyur hujan tengah dan ringan, disertai petir agen sbobet atau kilat pada Selasa (7/11/2023) malam. Berdasarkan data perkiraan cuaca di laman formal BMKG, yang dikutip Selasa dini hari, cuaca Jakarta pada Selasa pagi diperkirakan berawan di enam wilayah, yakni Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Pada Selasa siang, cuaca Jakarta di enam lokasi diperkirakan masih berawan. Cuaca berawan berpindah jadi hujan bersama intensitas mudah di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada Selasa malam, tetapi hujan tengah membasahi lokasi Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

“Hujan disertai petir atau kilat,” tulis BMKG dalam kolom peringatan dini.

Suhu Jakarta pada Selasa diperkirakan BMKG berkisar di 25-30 derajat Celsius, tetapi tingkat kelembaban di 60-90 persen.

Baca juga:

Hujan Deras dalam Sepekan, Kabupaten Bogor Dilanda Sederet Bencana

Cuaca di Yogyakarta Hari Ini, 5 November 2023

BMKG termasuk memprediksi cuaca berawan bakal menyelimuti beberapa besar lokasi ibu kota provinsi di Indonesia pada hari ini, Selasa. Beberapa lokasi yang diprediksi berawan pada siang hari ini adalah Banda Aceh, Jakarta Pusat, Gorontalo, Jambi, Semarang, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Ambon, Kupang, Manokwari, dan Pekanbaru.

Sedangkan lokasi Palembang, Kendari, Makassar, Kota Jayapura, Banjarmasin, Yogyakarta, Serang, dan Denpasar diprakirakan cerah berawan. Kemudian beberapa lokasi diprediksi cerah pada siang hari yakni di Kota Surabaya bersama suhu biasanya 25-36 derajat Celsius, Tarakan bersama suhu 24-33 derajat Celsius, dan Bandar Lampung bersama suhu 23-32 derajat Celsius.

Sebelumnya BMKG termasuk mengingatkan seluruh pihak untuk menguatkan manajemen air supaya pasokannya cukup untuk pertanian dan pemenuhan kebutuhan masyarakat di tengah gabungan fenomena El Nino dan IOD positif yang membuat kekeringan.

“Hingga Oktober dasarian II 2023 El Nino berada di level moderat dan IOD (Indian Ocean Dipole) positif termasuk masih bertahan positif masih bertahan,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Ia mengimbuhkan BMKG dan beberapa Pusat Iklim Dunia memprediksi El Nino konsisten bertahan pada level moderat hingga periode Desember 2023-Januari dan Februari 2024, saat IOD Positif bakal konsisten bertahan hingga akhir tahun 2023.

Kondisi itu, kata dia, bakal merubah sejumlah sektor diantaranya pertanian, sumber daya air, kehutanan, perdagangan, energi, dan kesehatan.