Cuaca Hari Ini Sabtu 17 Juni 2023: Waspada Jakarta Diprediksi Hujan Seharian

cuaca jakarta saat ini

Kenderaan melintas waktu hujan di Bundaran HI, Jakarta, Senin (1/11/2021). BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca hari ini ekstrem berwujud hujan bersama intensitas tengah hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir, dan angin kencang untuk beraneka wilayah di Indonesia.

Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan beberapa besar wilayah DKI Jakarta hari ini, Sabtu (17/6/2023) bakal diguyur hujan. Tak hanya dipagi ini, keadaan cuaca jakarta besok tersebut diperkirakan berlangsung hingga malam nanti.

Hujan Yang Akan Seharian

Lewat peringatan dini cuaca, BMKG terhitung melaporkan adanya potensi hujan angin disusul angin kencang disejumlah titik Ibu Kota terhadap sore hari.

Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di beberapa wilayah Jaksel dan Jaktim terhadap sore hari,” paham BMKG diperigatan dini cuaca hari ini, Sabtu.

Baca Juga : Asia Tenggara Hadapi Cuaca Panas Ekstrem Pertama di dalam 200 Tahun, Suhu di Thailand Tembus 45,4 Derajat Celcius

Sementara, cuaca cerah berawan berlangsung untuk area penyangga cuaca Jakarta hari ini, seperti Bekasi, Depok terhitung Bogor pagi ini, sedang Tangerang berawan.

BMKG kembali memperingatkan adanya potensi hujan angin disusul petir terhadap sore hingga malam disebagian area penyangga Ibu Kota.

Wilayah Yang Berdampak Hujan

Waspada potensi hujan bersama skala lokal yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat berlangsungcuaca hari ini jakarta selatan pada rentang waktu sore hingga malam hari di beberapa wilayah Kab dan Kota Bekasi, Kab Karawang, Kota Depok, Kab dan Kota Bogor,” info BMKG.

Berikut Info prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang cuaca hari ini jakarta pusat  berasal dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

  • Jakarta Barat Hujan Sedang Hujan Ringan Hujan Ringan
  • Jakarta Pusat Hujan Ringan Hujan Ringan Hujan Ringan
  • Jakarta Selatan Hujan Ringan Hujan Sedang Berawan
  • Jakarta Timur Hujan Ringan Hujan Sedang Berawan
  • Jakarta Utara Hujan Sedang Berawan Hujan Ringan
  • Kepulauan Seribu Berawan Berawan Tebal Berawan
  • Bekasi Cerah Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
  • Depok Cerah Berawan Cerah Berawan Hujan Ringan
  • Bogor Cerah Berawan Cerah Berawan Hujan Ringan
  • Tangerang Berawan Berawan Berawan

Suhu Panas Tak Biasa Landa Indonesia Beberapa Hari Terakhir

Pada April lantas Jakarta dan kota-kota di sekitarnya mengalami cuaca panas lebih berasal dari biasanya. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) RI menyebut suhu hawa di Ciputat, Tangerang Selatan jadi yang terpanas di Indonesia dikarenakan sempat menyentuh 37,2 derajat Celsius terhadap 17 April 2023.

Di waktu yang berdekatan, cuaca panas memanggang beberapa negara di Asia. Suhu panas hingga 45 derajat Celsius sempat berlangsung di beberapa bagian India, Bangladesh, Thailand dan Laos. Kondisi ini membuat angka kematian naik, masalah rawat inap meningkat dan kebakaran di sana.

Suhu Panas Di Jakarta

Suhu panas ekstrem yang melanda negara-negara Asia waktu itu ternyata turut berpengaruh terhadap suhu di Indonesia.

“Suhu panas ekstrem melanda negara-negara Asia sepekan terakhir. Indonesia tidak mengalami gelombang panas, namun suhu maksimum hawa permukaan tergolong panas,” kata PLT Deputi Bidang Klimatologi BMKG Dodo Gunawan.

Selain itu, cuaca panas di Indonesia waktu itu terhitung karentren pemanasan global dan pergantian iklim yang membuat gelombang panas yang semakin sering terjadi. Dodo mengatakan bahwa gelombang panas bakal berlangsung 30 kali lebih sering akibat pergantian iklim.

Minum Sebelum HausCuaca panas dapat saja datang kembali terasa di Indonesia. Bila hal ini terjadi, Kementerian Kesehatan mengingatkan masyarakat untuk minum air putih dalam kuantitas banyak guna menghindar dehidrasi.

“Jangan menanti haus,” pesan Juru Bicara Kementerian Kesehatan dokter Mohammad Syahril.

Di peluang berbeda, dokter spesialis gizi klinik konsultan Diana Sunardi menjelaskan waktu cuaca panas paling tidak minum dua liter air.

“Takaran sedikitnya (minum air putih) yang kudu dipenuhi adalah 2 liter/hari. Namun sekiranya kami mengeluarkan banyak keringat maka kudu ditambahkan,” pesan Diana dalam pesan teks kepada Health-Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Himbauan Untuk Menjaga Cairan Tubuh

Pakar farmasi dan penasihat kesegaran Parvinder Sagoo mengatakan bahwa waktu cuaca panas tubuh memang condong kehilangan cairan dikarenakan nampak melalui keringat. Maka berasal dari itu, perlu untuk minum lebih banyak air waktu cuaca panas.

“Anda lebih barangkali mengalami dehidrasi waktu cuaca panas, jadi minum air putih waktu cuaca panas dan lembap bakal mendukung menanggulangi dehidrasi. Minum air putih terhitung mendukung menurunkan suhu tubuh,” kata Parvinder Sagoo mengutip Independet ditulis Rabu (14/6/2023).

Mengenai suhu air yang diminum, Diana menganjurkan suhu yang cool atau sejuk. Air bersama suhu cool condong dapat menyegarkan tubuh lebih cepat.

Namun, Diana menganjurkan agar minum air es yang diteguk tidak terlalu dingin. Sehingga tidak jauh tidak sama bersama suhu tubuh.

“Kalau air yang terlalu dingin, hal itu jadi membuat kram di perut,” kata Diana waktu itu.