Asyik Mainnya, Seru Ceritanya: Ini Sejarah Permainan Ludo

Menurut The Times of India, Ludo King telah melampaui seluruh dunia. Ini membuatnya mendiami ranking teratas game yang permainan ludo sejarahnya paling banyak didownload di India terhadap 2020. Selain itu, sejak 2018 Ludo King secara konsisten mendiami posisi teratas. Permainan Ludo online ini sebetulnya diminati selama pandemi.

Sejarah Permainan Ludo

Tapi tahukah kamu apa yang memicu Ludo jadi begitu kondang dan asyik dimainkan? Jika dapat dirangkum di dalam satu kata, jawabannya adalah permainan ludo bersama keluarga kebersamaan. Permainan Ludo dapat dimainkan oleh dua sampai empat orang. Bahkan di dalam platform online, Ludo dapat dimainkan oleh enam orang secara berjauhan.

Siapa sangka, permainan yang sering dimainkan oleh anak kecil sampai dewasa ini telah tersedia game ludo gratis

permainan ludo dan sejarahnya

setidaknya sejak abad ke-6 di India. Bahkan, permainan Ludo tersedia di dalam cerita pewayangan. Dalam bhs India, Ludo sendiri disebut Pachisi, yang secara harfiah artinya “dua puluh lima”.

Asal Usul Permainan Ludo

Maharaja berasal dari Mewar, Rajasthan, Sovan Singh, bermain pachisi bersama punggawanya Chundawat Sarup Singh. Dilukis oleh Ambav, 1868. Sumber: 400years.dk
Bukti paling awal mengenai asal usul Ludo dapat dilacak berasal dari kurang lebih abad ke-6 masehi. Terdapat ilustrasi terhadap dinding di Gua Ellora di Maharashtra, India, yang melukiskan permainan ini. Gua Ellora adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan salah satu kuil batu terbesar di dunia.

Permainan ini termasuk diceritakan di dalam kisah Mahabharata. Ludo merupakan permainan yang dipilih pada Pandawa dan Kurawa pas memperebutkan Drupadi. Pada permainan ini, Pandawa yang diwakilkan oleh Yudhistira kalah. Ini gara-gara dadu yang digunakan mempunyai kekuatan magis, yang sepertinya lebih condong membantu Kurawa. Long story short, kekalahan ini jadi salah satu pemicu terjadinya Perang Kurukshetra. Sebuah perang terbesar pada Pandawa dan Kurawa.

Sultan Mughar bermain ludo

Tak cuma di dalam kisah mitologi. Kisahnya di dunia nyata, Ludo termasuk biasa dimainkan di Kesultanan Mughal. Salah satu rajanya, Sultan Akbar, punya kebiasaan bermain Ludo. Hanya saja, jangan dibayangkan ia bermain menggunakan papan, kain, atau kertas. Sultan Akbar bermain menggunakan haremnya sebagai pion. Istananya di Agra dan Fatehpur Sikri mempunyai aula yang lantainya dibuat menyerupai papan permainan Ludo.

Ludo dibawa ke Eropa oleh orang Inggris terhadap akhir abad ke-19. Pada 1891, seorang Ingris bernama Alfred Collier memodifikasi permainan ini bersama beri tambahan cangkir pengocok dadu. Ia kemudian mematenkannya dan menamakannya sebagai The Royal Ludo. Sejak pas itu, permainan ini jadi kondang di seluruh dunia bersama nama yang kita kenal sekarang: Ludo.

Alat dan Cara Bermain Ludo

Jika bermain secara online, piranti yang diperlukan cuma smartphone dan aplikasi permainan Ludo. Namun terkecuali bermain secara konvensional, diperlukan papan permainan, dadu, dan pion.

Papan permainan Ludo terbagi di dalam pocket, home pocket, track dan home run. Pocket adalah persegi besar berwarna yang tersedia di tiap-tiap sudut. Masing-masing pocket diwakili oleh warna, yang umumnya terdiri berasal dari warna hijau, merah, biru dan kuning. Setiap pocket ini diisi oleh empat pion.

Pada bagian tengah papan terkandung persegi pusat yang disebut home pocket. Pada papan permainan termasuk terkandung trek papan (track), yang terdiri atas 52 petak. Untuk menuju home pocket, wajib melalui home run yang berwarna sama bersama warna pocket. Masing-masing home run terdiri berasal dari lima petak.

Sebelum menjadi bermain, meletakkan pion terhadap pocket. Setelah itu, memastikan siapa yang mendapat giliran pertama mengocok dadu. Untuk mengeluarkan pion berasal dari pocket, pemain wajib beroleh angka enam. Jika pemain tidak beroleh angka enam, maka giliran pemain berikutnya yang mengocok dadu. Setelah pion keluar berasal dari pocket, ikuti angka dadu untuk menggerekan pion di atas track.

Baca Juga : Mengenal Permainan Gasing, Warisan Budaya

Asyiknya permainan ini tersedia terhadap pas perjalanan pion di track. Kamu dapat menangkap (atau menubruk, menghajar, menggusur, memastikan sendiri istilahnya) atau ditangkap pion lawan tiap-tiap kali mendarat di atas salah satu pionnya. Pion yang ditangkap, wajib masuk kembali ke di dalam pocket asalnya.

Pada pas saling tangkap inilah umumnya keseruan terjadi. Jangan heran terkecuali rekan bermain kadang kesal terkecuali pionnya selalu ditangkap dan masuk kembali ke di dalam pocket.

Untuk memenangkan permainan, kamu wajib jadi yang pertama sukses memasukkan seluruh pion ke di dalam home pocket.

Tentunya tersedia lebih dari satu versi langkah bermain Ludo. Versi yang kamu kenal belum pasti sama bersama versi yang biasa dimainkan lawan. Oleh gara-gara itu, sebelum bermain wajib saling menyamakan ketentuan di pada pemain.

Ludo: Strategi atau Beruntung?

Ada yang bilang terkecuali kemenangan di dalam bermain Ludo cuma gara-gara keberuntungan. Ini dapat jadi benar, tetapi tidak sepenuhnya benar.

Pemenang berasal dari Ludo adalah yang pertama finish atau selesai memasukkan seluruh pionnya ke home pocket. Sedangkan yang kalah pasti saja yang tidak dapat memasukkan seluruh pionnya, gara-gara lawannya yang lain telah lebih dulu melakukannya.

Jika tujuanmu menang, maka berusahalah untuk jadi yang pertama memasukkan seluruh pion. Tapi terkecuali telah tersedia yang pertama finish, tujuannya jadi sehingga tidak kalah atau finish terakhir. Di sinilah sebetulnya kamu dapat mengakali sedikit ‘keberuntungan’. Caranya, bersama menempatkan pion untuk mem-block jalan lawan dan menangkap pionnya. Semakin lama lawan terkurung di dalam pocket-nya, makin besar kesempatamu untuk finish lebih dulu.