Artis Berdarah Bugis Makassar, Pesonanya Sulit Ditandingi!

artis berdarah makassar

Tak cuma cantik dan tampan, deretan artis berdarah Bugis dan Makassar ini juga mampu menorehkan prestasi.

Untuk bertahan di blantika industri hiburan, mengandalkan tampang saja tentu tak cukup. Seorang seniman tentulah harus memiliki bakat, syukur-syukur bisa memboyong penghargaan yang mengharumkan namanya. Contohnya, seperti deretan artis berdarah Bugis Makassar berikut ini.

14 Artis Berdarah Bugis Makassar, Tara Basro Hingga Manohara

1. Tara Basro, Artis Keturunan Bugis Bergelar Bangsawan

Tara Basro memiliki darah Bugis-Lampung dari kedua orang tuanya. Perempuan bernama lengkap Andi Mutiara Pertiwi Basro ini debut di layar lebar melalui film Catatan (Harian) Si Boy.

Kiprahnya di dunia perfilman telah diakui banyak pihak. Terbukti, sederet penghargaan bergengsi memasukkan nama Tara Basro, dari nominasi hingga pemenang. Salah satunya, Piala Citra untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik 2016.

2. Hannah Al Rashid

Hannah Al Rashid memiliki darah campuran Bugis-Prancis dari kedua orangtuanya. Sang ayah, Aidinal Hamzah Al Rashid merupakan pendekar Pencak Silat Bugis-Makassar Gerak Ilham. Hannah sendiri pernah menorehkan prestasi dalam kejuaraan pencak silat di Paris.

Kini, aktris film berparas menawan ini lebih dikenal luas berkat kepiawaiannya bermain peran. Tak hanya itu, ia juga diketahui menjadi aktivis yang lantang mengangkat isu-isu terkait perempuan.

3. Sophia Latjuba

Sophia Latjuba merupakan artis berdarah Bugis-Jerman. Ia telah malang melintang di industri hiburan sejak usianya masih belasan.

Beberapa penghargaan pernah disabet Sophia Latjuba. Meraih BASF Awards (1994) untuk kategori “Best Album Arrangement” adalah salah satu di antaranya.

4. Indah Permatasari

Istri dari Arie Kriting ini merupakan putri pasangan Nasyruddin dan Nursyah yang berasal dari Sulawesi Selatan. Kiprah Indah di dunia entertainment terbilang cerah.

Aktris satu ini diketahui pernah menyabet penghargaan di ajang Festival Film Bandung 2016 sebagai Pemeran Pembantu Wanita Terpuji Film Bioskop lewat film Rudy Habibie.

Artikel terkait: Punya Wajah Blasteran yang Memesona, 15 Artis Ini Ternyata Keturunan Jawa

5. Deva Mahenra

Deva Mahenra dikenal sebagai aktor yang berbakat. Kepiawaiannya berakting mengantarkan Deva masuk jajaran nominasi ajang penghargaan bergengsi. Selain bermain film, pria kelahiran Makassar ini juga menjadi presenter dan menekuni dunia modelling.

6. Ririn Ekawati, Termasuk Artis Berdarah Bugis

Istri dari Ibnu Jamil ini memiliki darah Bugis yang kental. Kedua orang tua Ririn Ekawati berasal dari Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Ririn pernah bermain di film berjudul Kisah 3 Titik. Lakonnya di film tersebut mengantarkan ia pada nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik di Piala Maya 2013.

7. Michella Putri

Michella Putri mendapatkan darah Bugis-Jawa dari sang ibu serta Kanada dari ayahnya. Paras blasterannya yang memesona telah mengantarkan Michella membintangi puluhan judul sinetron, film, hingga FTV. Kariernya di dunia hiburan terbilang sukses.

Baca Juga : Inilah Deretan Artis Berdarah Aceh yang Sungguh Menawan Hati

8. Kimberly Ryder

Paras cantik Kimberly Ryder memang tak perlu diragukan lagi ya, Parents. Pemeran sinetron Bidadari-bidadari Surga ini merupakan aktris berdarah Minang, Bugis, dan Inggris. Puluhan judul sinetron hingga film telah dilakoni Kimberly.

9. Andi Arsyil, Termasuk Artis Berdarah Bugis

Nama aktor asal Makassar ini melambung lewat perannya sebagai Furqon di film Ketika Cinta Bertasbih. Dari gelar ‘Andi’ di depan namanya saja bisa langsung ketahuan ya, Parents, ia merupakan keturunan bangswan Bugis.

10. Pasha Ungu

Lahir dan besar di daerah Sulawesi Tengah, tak banyak yang tahu bahwa mantan vokalis band Ungu ini juga memiliki darah Bugis dalam dirinya. Pasha adalah anak dari pasangan H. Syamsuddin Said dan Hj. Andi Bumbeng yang berdarah Bugis.

11. Lukman Sardi, Memiliki Darah Bugis dari Sang Nenek

Bagi Parents penikmat film layar lebar, pasti tak asing lagi dengan wajah pemain peran yang satu ini. Aktor senior Lukman Sardi diketahui memiliki garis keturunan Bugis dari neneknya. Hadidjah, sang nenek, merupakan aktris Indonesia di era tahun 1940-1970an.

12. Alessia Cestaro

Alessia Cestaro merupakan aktris yang mengawali karir dari dunia modelling. Ia juga diketahui memiliki garis keturunan Bugis dari ibunya dan Italia dari ayahnya. Puluhan judul sinetron, film, dan FTV telah dibintangi ibu tiga anak ini.

13. Andi Soraya, Artis Keturunan Bangsawan Bugis

Andi Soraya merupakan salah satu aktris berdarah Bugis. Ia mengawali kariernya di dunia hiburan sebagai model iklan dan mulai merambah dunia seni peran lewat sinetron Air Mata Terakhir yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta.

14. Manohara

Bernama lengkap Manohara Odelia Pinot, aktris sekaligus model satu ini lahir dari orang tua berkebangsaan Amerika Serikat, George Manz dan ibu keturunan bangsawan Bugis, Daisy Fajarina.

Meski kehidupan pribadinya jadi sorotan, karier Manohara sebenarnya cukup baik. Di usianya yang masih muda, Manohara berhasil masuk jajaran 100 Pesona Indonesia menurut Majalah Harper’s Bazaar.

Nah, itulah deretan artis berdarah Bugis dan Makassar yang tak hanya punya tampang oke, namun juga berbakat. Adakah yang menjadi idola Parents dari daftar di atas?